SHARE

Apakah kalian pernah mendengar kata procrastination?

Ya, kebiasaan menunda-nunda pekerjaan atau tugas. Kalau penundaan tersebut karena ada hal yang lebih penting untuk dilakukan, maka hal tersebut tidak apa-apa. Tetapi jika kalian menunda karena kalian ingin bersenang-senang, tidak mood, atau ingin beristirahat lebih banyak, maka hal tersebut adalah procrastination.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri procrastination:

  • Merasa menunda adalah hal yang wajar karena ide tidak muncul begitu saja
  • Membuang waktu untuk bersenang-senang
  • Memikirkan masa lalu
  • Banyak cemas akan beberapa hal
  • Menunda karena merasa tugas atau pekerjaan tersebut tidak menyenangkan

Mungkin procrastination terdengar wajar dilakukan, tetapi procrastination termasuk sedentary lifestyle, yaitu sebuah lifestyle yang termasuk bermalas-malasan dan tidak baik bagi manusia. Jika diteruskan, maka hidup akan terasa lebih susah karena banyak tugas menumpuk akibat procrastination.

Lebih baik jika kalian melakukan beberapa hal berikut daripada procrastinating:

1.Lakukan yang kalian bisa

Beberapa orang adalah perfeksionis dan menginginkan yang terbaik di setiap hal yang dilakukannya. Jadi, mereka takut akan kegagalan dan akhirnya menunda-nunda hal tersebut. Kegagalan adalah hal yang pasti akan terjadi, tetapi dari kegagalan tersebut kalian belajar dari masalahnya. Dengan melakukan apa yang kalian bisa, kalian bisa sedikit lega akan tugas dan juga rasa perfeksionis tersebut. Ingatlah, proses lebih penting daripada hasil.

2. Hentikan Sistem Kebut Semalam (SKS)

Jika kalian pernah menjadi seorang siswa atau mahasiswa, pastinya kalian sering mendengar istilah tersebut. SKS tersebut tidaklah baik, dikarenakan kalian dikejar waktu dan pada akhirnya stres karena menyadari waktunya tidak cukup. Lebih baik kalian melakukannya sesuai jadwal kalian dan tidak sehari sebelum deadline tugas atau pekerjaan tersebut.

3. Positivity

Berpikir positif dalam hal ini bukan berarti kalian positif dapat mengerjakan tugas tersebut pada hari selanjutnya. Positif di sini berarti kalian punya mental yang kuat untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan kalian sebaik mungkin. Atau jika tidak, kalian bisa berteman dengan teman yang mempunyai mental tersebut dan bisa membantu kalian.

4. Membuat prioritas

Kalian bisa prioritaskan hal yang kalian bisa lakukan dan hal yang bisa dilakukan selanjutnya. Dengan prioritas, kalian bisa menentukan tugas yang akan dikerjakan dahulu dan bisa lebih mengatur waktu kalian lebih baik.

5. Tentukan target

Buatlah sebuah target dengan apa yang kalian akan kerjakan pada hari ini. Sama halnya dengan contoh pertama, kalian bisa mengerjakan hal yang kalian bisa dahulu untuk satu hari. Hal ini agar kalian mempunyai sebuah tujuan untuk melakukan sesuatu dan tidak melebihkan pekerjaan kalian.

Procrastination pasti kita lakukan sewaktu-waktu. Tetapi, jika dilakukan terus menerus, maka hal tersebut tidak baik dan bisa mengganggu keseharian kalian. Lebih baik kalian bekerja sebisa kalian daripada menunda-nundanya.

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Check out WHITESPACE di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

 

 

Facebook Comments