SHARE

Suatu hari, ‘A’ berkata, “Aku tidak sabar kerja! Bisa menghasilkan uang sendiri dan bersenang-senang.”

‘B’ yang mendengar hal itu membalas, “Yakin? Dunia kerja nggak ada apa-apanya lho dengan sekolah dan kuliah.”

Siapa di antara kalian yang sering mendengar ucapan tersebut?

Melihat orang-orang di sekitar kita yang sudah bekerja dan memiliki penghasilannya sendiri memang sangat mengagumkan. Namun, sering kali kita lupa kalau pergantian fase tersebut juga membutuhkan persiapan. Semakin naiknya tingkat, semakin besar pula tantangan dan tanggung jawab yang harus kita hadapi.

Mengapa sebelum memasuki dunia kerja harus ada persiapan yang matang? Dengan adanya persiapan tersebut, kita mendapat kesempatan untuk membentuk mindset dan sisi psikologis kita yang lebih kuat. Dunia kerja merupakan tempat di mana kita benar-benar berkontribusi ke masyarakat. Agar dapat menampilkan output yang maksimal, persiapannya pun juga harus maksimal.

Oleh karena itu, setidaknya ada 5 (lima) hal yang bisa kita lakukan sebelum memasuki dunia kerja:

  1. Kenali Diri Sendiri

Mengenali diri kita sendiri merupakan hal yang krusial untuk dilakukan. Dengan melakukan hal tersebut, kita akan sepenuhnya bisa mengendalikan diri dengan cara yang tepat. Alhasil, kita akan membawa dampak yang signifikan pula. Kenalilah kekurangan, kelebihan, dan kecenderungan kita agar nantinya dapat ditingkatkan dan disesuaikan dengan dunia kerja yang akan kita hadapi.

2. Kontrol Emosi dan Jangan Mudah Terprovokasi

Di dunia kerja, kita menjadi sasaran ketika berada dalam tahap belajar dan beradaptasi. Oleh karena itu, kita diharuskan untuk dapat mengontrol emosi dengan baik sehingga tidak mudah terprovokasi. Semua persiapan yang kita rencanakan harus dilakukan dengan langkah yang benar.

3. Giat Mengasah Kemampuan dan Pantang Menyerah

Di dunia kerja, kita akan diperhadapkan dengan berbagai tugas yang bisa jadi di luar job description utama kita. Oleh karena itu, kita harus membiasakan diri untuk tidak pantang menyerah apapun yang terjadi. Perlu untuk kita terus mengembangkan diri jika ingin berkontribusi dengan maksimal. Nantinya, ini akan membawa pada keuntungan yang diperlukan di dalamnya.

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Apakah kalian adalah seorang Fresh Graduate yang baru saja diterima kerja atau akan melamar pekerjaan? Bersiaplah untuk menjadi pendengar yang baik. Hal tersebut adalah kesempatan terbaik untuk belajar dan melakukan semua hal yang diinginkan dengan maksimal.

5. Pilih Tempat Kerja Sesuai Passion dan Skill

Bekerja di tempat yang sesuai dengan passion dan keahlian adalah hal yang sangat penting untuk diterapkan. Jika kita senang dengan pekerjaan kita, apa yang dikerjakan tidak akan terasa seperti bekerja. Alhasil, kita melakukannya dengan baik. Jika dilakukan dengan baik, banyak hasil yang bisa didapatkan dengan mudah nantinya.

Dunia kerja memang sering digambarkan sebagai realita yang kejam, di mana kita akan terus dituntut untuk melakukan yang terbaik dengan toleransi yang biasanya sangat minim.

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar mengetahui bagaimana caranya beradaptasi dan melakukan bagian kita nantinya. Memang nantinya akan ada banyak penyesuaian yang dilakukan, tetapi kita tidak akan terlalu kesulitan karena kita telah membiasakan diri untuk mempersiapkannya.

Apakah kalian sudah siap bekerja setelah menyelesaikan pendidikan kalian?

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Check out WHITESPACE di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik!

 

Facebook Comments